Viral ! Electrolyzed Reduced Water (ERW), Apa Itu?

Apa itu Air Tereduksi Elektrolisis ?

Dalam dekade sekarang, dunia mengenal air yang sangat baik untuk kesehatan. Yaitu air tereduksi dielektrolisis. Bukan berarti air tersebut adalah air obat, tetapi jauh lebih penting daripada itu yaitu air yang mampu meningkatkan ketahanan tubuh dalam mencegah terserang penyakit. Seperti kita tahu bahwa kondisi asam sangat memungkinkan perkembangan kuman penyakit.

Air tereduksi elektrolisis (dalam bahasa inggris Electrolyzed Reduced Water) adalah nama yang digunakan oleh ahli kimia untuk air alkali dengan potensi antioksidan. Penting untuk diingat bahwa

tidak semua air alkali memiliki potensi antioksidan. Misalnya, air keran dengan pH lebih dari 7 adalah air alkali, tetapi air keran tidak memiliki potensi antioksidan. Hal yang sama berlaku untuk air alkali yang dijual di toko-toko; yang memiliki pH lebih besar dari 7, sehingga hal itu kita sebut air alkali, tetapi air air itu tidak memiliki potensi antioksidan apa pun, sehingga tidak bisa menangkal radikal bebas pada tubuh kita. Lihat kembali penjelasan lebih lanjut tentang pH disini!.

Air dengan karakteristik ini secara alami Tuhan ciptakan di beberapa mata air ajaib di dunia, seperti air zamzam, air dari Fountain of Youth di China, air dari mata air Lorde di Jerman, dll (miracle water). Sama sama bersifat basa dan mengandung antioksidan, meskipun jenis anti oksidannya berbeda beda pada tiap mata air ajaib itu, bisa karena sambaran petir, atau karena batuan dan pasir tertentu. Pada dasarnya air dari mata air “ajaib” memiliki karakteristik yang sama yaitu : mengandung antioksidan, bersifat basa dan memiliki ukuran partikel yang kecil (micro cluster) beberapa peneliti menyebutnya dengan istilah ‘good water’, sedangkan untuk air yang biasa kita minum mereka menggunakan istilah ‘just water’.

Dengan berbagai penelitian, orang jepang mengembangkan sebuah penemuan jenius yaitu alat ionisasi air (water ionizer) yang mana ketika air masuk dan diproses sedemekian rupa menghasilkan ERW ini. Kaya antioksidan karena air yang dihasilkan kaya akan senyawa hidrogen (H2) yang mana adalah jenis antioksidan terkecil. Ketika dilakukan beberapa pengujian, air tereduksi elektrolisis ini memang bersifat basa, mengandung antioksidan dan mempunyai partikel yang kecil. Hal itu cukup sukses membuat dunia tersadar akan pentingnya air yang kita minum.

Beberapa negara maju seperti Amerika, Jerman, Prancis dan Inggris, bahkan Cina, ikut serta pula mengembangkan alat ionisasi air tersebut meskipun ketika tiap tahun diadakan kontes penghasil antioksidan terbesar dan memiliki ketahanan lebih lama tetap belum bisa mengalahkan ionizer air buatan jepang.

Air tereduksi elektrolisis adalah nama yang digunakan para ahli kimia untuk air alkali terionisasi. Air alkali yang dihasilkan oleh ionizer air memang memiliki potensi antioksidan, itulah sebabnya air yang dikurangi secara elektrolisis sangat bermanfaat untuk kesehatan. Seperti kita tahu, kondisi tubuh yang asam sangat rentan terserang penyakit dan kanker.

Prinsip kerja ionizer air

Kuncinya adalah terjadinya Redoks: Reduksi dan oksidasi terjadi pada saat bersamaan. Redoks: Reduksi adalah setengah reaksi kimia yang juga termasuk reaksi yang disebut oksidasi. Suatu zat teroksidasi ketika kehilangan elektron. Suatu zat berkurang ketika memperoleh elektron. Ketika suatu zat direduksi dengan menerima elektron, zat yang melepaskan elektron itu teroksidasi pada saat bersamaan. Kedua reaksi ini diketahui ahli kimia sebagai reaksi redoks. Reduksi: Terjadi ketika suatu zat memperoleh elektron, alasan mengapa zat tersebut dikatakan berkurang adalah karena kemampuannya untuk mengoksidasi zat lain telah berkurang.

Oksidasi: Terjadi ketika suatu zat kehilangan elektron. Ketika suatu zat kehilangan elektron, kemampuannya untuk mengambil elektron dari zat lain meningkat. Peningkatan kemampuan untuk

mengambil elektron berarti bahwa keadaan oksidasi zat telah meningkat.
Salah satu reaksi redoks yang paling umum terjadi ketika besi berkarat. Proses berkarat disebut oksidasi karena zat yang dioksidasi melepaskan elektron ke zat yang mengoksidasi itu. Dalam kasus besi, besi dioksidasi oleh oksigen, karena oksigen mendapatkan elektron dari besi. Pada saat yang sama itu terjadi, setrika mengurangi oksigen, karena oksigen kehilangan sebagian kemampuannya untuk mengambil elektron.

Potensi Pengurangan Oksidasi

Kemampuan suatu zat seperti air tereduksi yang dielektrolisis (ERW) untuk memberikan – atau menerima – elektron dalam reaksi redoks disebut Potensi Pengurangan Oksidasi (ORP). Karena reaksi redoks melibatkan pergerakan elektron, ORP diukur secara elektrik sebagai tegangan. Zat dengan elektron yang diberikan dalam reaksi redoks akan memiliki ORP negatif karena elektron memiliki muatan negatif. Suatu zat yang dapat mengambil elektron dari zat lain dalam reaksi redoks memiliki ORP positif, karena memiliki potensial listrik positif. ORP zat apa pun diukur dalam milivolt (mV) karena ORP adalah ukuran potensial energi listrik. Jika dikaitkan dengan antioksidan maka jika pengukuran pada ORP bernilai semakin negatif berarti kandungan antioksidannya semakin tinggi, begitupun sebaliknya.

Jika dilakukan pengujian pada 1,5L air ERW ini, kandungan antioksidannya setara dengan 700an buah pisang, 300an buah apel. Bisa dibayangkan jika kebutuhan minum manusia dalam sehari adalah 1,5Liter air maka jika ingin memenuhi antioksidan harian kita harus memakan 700an buah pisang atau 300an buah apel. (Waduh!). Beruntunglah, manusia menciptakan mesin ionizer air yang meringkas kebutuhan antioksidan harian dalam 1,5 liter air.

Potensi Pengurangan Oksidasi vs. Spesies Oksigen Reaktif

Secara sehat, potensi pengurangan oksidasi mengukur kemampuan suatu zat seperti air terionisasi alkali untuk mengurangi kerusakan yang dapat dilakukan spesies oksigen reaktif (ROS) – zat yang memiliki ion oksigen sangat reaktif – dapat melakukannya. ROS merusak jaringan dan DNA dengan mengoksidasi mereka. ROS dalam tubuh yang melakukan ini termasuk radikal bebas yang direkomendasikan dokter untuk makan makanan kaya antioksidan untuk dilawan. Cara termudah untuk berpikir tentang jenis kerusakan yang ROS lakukan pada tubuh adalah mereka menyebabkan jaringan dan DNA Anda berkarat – seperti besi – dan hancur berantakan, seperti besi berkarat.

Antioksidan memiliki potensi pengurangan oksidasi, mereka menghentikan kerusakan yang dilakukan dengan mengurangi potensi oksidasi ROS dan radikal bebas dengan menguranginya. Jadi reaksi di dalam tubuh Anda yang menyelamatkan jaringan dan DNA Anda dari kerusakan adalah reaksi redoks.

Air Reduksi Elektrolisis, Air alkali terionisasi, dan Redoks

Nama yang lebih umum untuk Air Reduksi Elektrolisis (ERW) adalah Air Alkali Terionisasi. Alasan mengapa ionis air membuat pengurangan air yang dielektrolisa adalah karena ionisasi air memasukkan muatan listrik negatif ke dalam air, yang memberinya potensi pengurangan. Sebagai contoh, M-13 baru Life Ionizer dapat mencapai potensi pengurangan oksidasi lebih dari -900 mV, yang hampir satu volt penuh daya listrik! Air dengan potensi reduksi sebesar itu mampu menetralkan muatan oksidatif ROS. Semakin tinggi potensi reduksi air alkali terionisasi yang Anda minum, semakin banyak ROS yang dapat dinetralkan dalam tubuh Anda. Potensi reduksi yang tinggi dari air alkali adalah alasan ia memiliki potensi antioksidan.

Air alkali terionisasi menetralkan hidrogen peroksida yang berbahaya

Kemampuan air alkali terionisasi (bukan air alkali dengan campuran bahan kimiawi) untuk menetralkan spesies oksigen reaktif telah diuji secara luas di laboratorium. Spesies oksigen reaktif yang paling umum dalam tubuh adalah hidrogen peroksida. Air alkali terionisasi mengurangi hidrogen peroksida menjadi air dan gas hidrogen.

Para ilmuwan telah mempelajari hal ini di laboratorium secara ekstensif. Telah terbukti bahwa air alkali dapat membantu Anda pulih dari mabuk. Hal ini dapat dilakukan karena ketika Anda minum terlalu banyak, hidrogen peroksida menumpuk di hati Anda, yang merusak dan membunuh jaringan hati. Dalam percobaan laboratorium pada tikus, para ilmuwan telah menunjukkan bahwa tikus yang mabuk dengan alkohol yang minum air alkali memiliki kadar hidrogen peroksida yang jauh lebih rendah di hati mereka daripada tikus yang minum air putih.

Buat minuman antioksidan yang kuat: Air Alkaline terionisasi dan vitamin C

Dengan mesin ionisasi air bisa didapatkan air yang sangat baik untuk meningkatkan derajat kesehatan, karena prinsipnya bukan mengobati tetapi memberikan peningkatan ketahanan pada tubuh kita. Antara obat dan meningkatkan ketahanan tubuh bisa dimisalkan ketika seorang murid karate (tubuh kita) bertemu musuh (penyakit), jika sebagai obat maka guru murid tersebut yang menghadapi musuh itu biar masalah segera tuntas. Tetapi jika bersifat pencegahan dan meningkatkan ketahanan tubuh, sang guru tidak serta merta turun tangan, tetapi dengan sabar melatih muridnya itu sehingga bisa mengatasi musuhnya sendiri tanpa bantuan gurunya. Bukankah lebih baik seperti itu?

Perlu diingat pula senyawa hidrogen dalam ERW tidaklah bertahan lama, semakin lama akan semakin berkurang, maka sangat baik jika langsung meminum air hasil pengolahan ionizer segera kurang dari 1 menit agar kandungan antioksidannya maksimal.

Lalu bagaimana meningkatkan lagi antioksidan dari ERW? Tiga penelitian telah menunjukkan bahwa mencampur air alkali dengan Vitamin C secara signifikan meningkatkan kekuatan antioksidan Vitamin C, bahkan tiga kali lipat! Anda dapat memanfaatkan ini dengan mencampurkan air alkali dengan jus lemon atau buah jeruk lainnya, atau dengan suplemen Vitamin C bubuk apa pun. Pastikan Anda meminumnya secepat mungkin, ion bermuatan positif di udara benar-benar menyerang minuman antioksidan dan menghancurkan manfaat antioksidan mereka dengan sangat cepat. Misalnya, jika Anda membiarkan segelas jus jeruk terpapar ke udara, potensi antioksidannya akan hampir habis dalam waktu kurang dari dua menit!

Kesimpulannya, sudah saatnya beralih dari minum air biasa (just water) ke meminum air yang baik (good water)  air ERW alami tentu lebih baik, tetapi dengan ionizer air pun kita mendapatkan manfaat yang sama dari meminum air baik (good water). Tentu sangatlah banyak ionizer air di pasaran, tinggal pilih dengan kelebihan dan kekurangan masing masing. Hanya saja seperti biasa ketika memilih produk kesehatan, selalu pastikan bahwa produk tersebut :

  1. Didasarkan penelitian dan riset bukan didasarkan bisnis (research than business)
  2. Pemenang dalam kontes kualitas baik mesin maupun air yang dihasilkan
  3. Perusahaan sudah berdiri sejak lama
  4. Memiliki daya tahan yang lama
  5. Harga yang realistis dan masuk akal, jangan karena murah tapi air yang dihasilkan juga tidak baik. Begitupun mahal tetapi tidak memuaskan
  6. Selalu lakukan pengujian dari kualitas airnya, bila perlu minta tolong di demonstrasikan kepada distributornya.
  7. Jangan memakan bulat informasi dari internet baik yang buruk ataupun yang baik. Begitupun dari orang lain. Langsung tanyakan dan buktikan dari produk yang beredar. Kasarnya di internet keberadaan Tuhan pun banyak yang merespon negatif sedangkan bagi yang memiliki iman tidaklah demikian. Jadi, bijaklah dalam menyerap informasi.
  8. Semoga Tuhan memberkati!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *