Pentingnya Nutrisi Untuk Penyembuhan

Mengapa nutrisi penting?

Suatu hal yang sangat diperlukan tubuh dalam kaitannya dengan proses pertumbuhan dan perkembangan, kesembuhan adalah nutrisi yang optimal dan seimbang. Pemenuhan kebutuhan nutrisi akan sangat membantu seseorang untuk mempertahankan kondisi tubuh dalam mencegah terjadinya suatu penyakit, mempertahankan suhu tubuh dalam kondisi yang normal serta menghindari proses infeksi.

Tidak ada satupun mahluk hidup yang tidak memerlukan nutrisi untuk kelangsungan hidupnya. Tetapi tentu saja kita tidak sekedar bertahan hidup saja. Memiliki kesehatan yang optimal adalah dambaan bagi kita semua.

Nutrisi didapat dari makanan dan minuman kita sehari hari. Kecuali pada beberapa kasus pasien yang dirawat di rumah sakit, nutrisi diberikan secara langsung ke pembuluh darah atau dikenal dengan parenteral / diinfus. Tujuannya adalah sama yaitu menjaga dan memberikan kebutuhan nutrisi pada tubuh baik organ maupun tingkatan sel.

Nutrisi untuk penyembuhan

Untuk menjaga kesehatan badan diperlukan makanan yang mengandung nutrient khusus untuk sel dan jaringan serta gejala gejala penyakit yang dapat terjadi. Pada beberapa penyakit perlu diadakan perubahan makanan yang diberikan baik kuantitatif maupun kualitatif. Dalam menentukan terapi dietetik seorang pasien, untuk menjaga keseimbangan gizinya perlu diperhatikan hal-hal dibawah ini:

  • selama sakit pasien akan kehilangan nitrogen yang mana sangat penting sebagai unsur utama asam amino yang sangat diperlukan tubuh.
  • pasien memerlukan cukup kalori untuk mempertahankan berat badan
  • nutrisi mencegah defisiensi gizi yang mungkin terjadi selama sakit, terapi diit secara psikologis dapat diterima oleh pasien
  • pada dasarnya pemenuhan nutrisi jauh lebih utama dibandingkan dengan obat, tetapi bagi orang sakit, kombinasi antara diet yang tepat dan obat yang tepat

Tiap nutrisi mengandung Nutrient atau kandungan zat yang terdapat dalam makanan yang sangat dibutuhkan oleh tubuh terdiri dari 6 kategori, yaitu : karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral dan air. Semua unsur tersebut diperlukan tubuh ketika mulai pemulihan dari kondisi sakit. Karena pada dasarnya saat pemulihan adalah saat dimana tubuh memerlukan sangat dan sangat banyak asupan nutrisi untuk mengoptimalkan kembali semua fungsinya.

  • Karbohidrat

    Fungsi utama karbohidrat adalah untuk membentuk gula darah untuk kebutuhan tubuh dan otak, mencegah pertumbuhan bakteri dalam dengan bantuan Vitamin K dan vitamin B12.
    Sumber karbohidrat : beras, tepung-tepungan, gula, buah dan lain-lain.

 

  • Protein

    berfungsi untuk membantu pertumbuhan dan pemeliharaan sel-sel tubuh, juga bisa menghasilkan kalori, sintesa hormon, katalisator enzim (dari proses absorpsi, metabolisme dan katabolisme) dan anti bodi.
    Sumber protein : daging sapi, ayam, ikan, telur, susu, tahu, tempe dan kacang-kacangan.

 

  • Lemak

    Fungsi lemak adalah untuk menyediakan kebutuhan kalori, menjaga temperatur tubuh dan organ tubuh dengan lapisan lemak dan juga menjaga fungsi normal dari kulit.
    Sumber lemak : mentega, margarin, minyak kelapa, cream, lemak hewan dan kacang-kacangan.

 

  • Vitamin
    • Vitamin A

      Penting untuk pertumbuhan tulang, rambut, dan kulit serta kesehatan mata. Vitamin A juga berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi. Sumber vitamin A : hati, daging, mentega, keju, susu, kuning telur, buah dan sayuran berwarna.

      • Vitamin D
        Membantu tubuh untuk menyerap kalsium dan fosfor, membentuk dan menjaga kesehatan tulang dan gigi. Sumber Vitamin D : susu dan hasilnya, kuning telur, hati ikan tuna, salem
      • Vitamin E

        Penting untuk proses metabolisme, menjaga kesehatan kulit dan otot. Sebagai antioksidan dalam menjaga sel dan jaringan tubuh dari kerusakan. Sumber Vitamin E : kuning telur, kacang kedelai, sayuran hijau, margarin, roti, kentang dan gandum.

      • Vitamin K
        Penting untuk penggumpalan darah. Sumber vitamin K : sayuran hijau.
      • Vitamin C

        -Penting untuk pemeliharaan kesehatan gigi, gusi, kulit, otot dan tulang
        -Mempercepat penyembuhan luka
        -Meningkatkan daya tahan tubuh dari infeksi
        -Membantu penyerapan zat besi
        Sumber Vitamin C : sayuran segar dan buah-buahan segar

      • Vitamin B Compleks
        -Mengambil peranan penting pada metabolisme karbohidrat
        -Meningkakan selera makan
        -Menjaga fungsi normal dari pencernaan, jantung dan sistem saraf
        Sumber Vitamin B Compleks : beras, daging, susu, kacang-kacangan, telur dan kedelai
  • Air
    • Air meskipun disebutkan terakhir tetapi bukan yang paling kecil, justru kebutuhan air adalah yang utama dalam pemenuhan nutrisi kita. Mengapa? Tubuh manusia 70-80% nya berupa cairan, maka memenuhi kebutuhan air maka kita sudah mengatasi kebutuhan 70-80% akan nutrisi.
    • Air yang baik harus memenuhi syarat yaitu tidak berwarna, tidak berasa dan tidak berbau. Dalam dunia kedokteran kekinian, manusia membutuhkan lebih dari air biasa atau “just water” kita memerlukan air yang baik atau “good water”. Beberapa mata air dunia memiliki karakteristik good water yaitu misalnya air zamzam di saudi arabia, air dari Fountain of Youth di cina, air dari mata air Lorde di Jerman, dan lainnya. Dokter dunia mulai mencanangkan gerakan sadar air atau peduli akan air yang kita minum agar meningkatkan derajat kesehatan kita.
    • Para peneliti dunia sepakat bahwa air yang dihasilkan dari mata air istimewa tersebut seperti air zamzam, memiliki karakteristik yang sama yaitu :
      • Bersifat basa secara alami, bukan buatan campur tangan manusia
      • memiliki anti oksidan yang penting untuk anti aging dan pertumbuhan sel, dalam hal ini senyawa hidrogen (H2) merupakan antioksidan terkecil. Seperti disebutkan diatas, vitamin E dan C merupakan agen untuk antioksidan tetapi memiliki ukuran antioksidan yang lebih besar daripada H2
      • memiliki ukuran partikel yang kecil. Maksudnya adalah good water mudah diserap tubuh sehingga kebutuhan air terpenuhi dengan baik.
      • Mendapatkan good water bisa langsung diambil dari mata air istimewa tersebut atau juga melalui proses ionisasi air. Teknologi dalam proses ionisasi air ini sudah mulai dikenalkan dewasa ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *