Pada Sehat Yang Manakah Anda?

      Comments Off on Pada Sehat Yang Manakah Anda?

Menurut WHO sehat artinya adalah terbebas dari kondisi penyakit baik fisik maupun mental. Lebih jauh lagi WHO menyatakan bahwa selain sehat secara fisik dan mental, seseorang dikatakan sehat sejati yaitu tidak hanya sehat secara fisik dan mental saja, tetapi juga dalam hal kesejahteraan sosial. Secara bebas kesejahteraan sosial bisa diartikan sebagai kemampuan finansial dan hubungan sosial dengan individu lain yaitu keluarga dan masyarakat.

Namun sudah sadarkah anda bahwa pada hakikatnya menurut WHO juga, di seluruh dunia saat ini (yang mungkin berjumlah kurang lebih 6 milyar) hanya 15% nya saja yang benar-benar dalam kondisi sehat. 15% adalah orang yang sakit, yaitu pasien-pasien yang dirawat atau dalam pengobatan rumah sakit. Lalu, sisanya kemana? Dikatakan bahwa 70% orang saat ini adalah dalam kondisi sehat bermasalah. Apa maksudnya? Sebagian besar bahwa secara kasat mata orang tampak sehat tetapi sebenarnya menyimpan masalah kesehatan. Seperti mempunyai penyakit darah tinggi, apabila dalam kondisi optimal orang ini tidak akan tampak penyakit hipertensinya, kecuali ketika diukur tekanan darahnya dengan spignomanometer atau yang dikenal di Indonesia adalah tensimeter / pengukur tekanan darah. Kemudian juga misalnya memiliki masalah seperti pusing kepala, lemas, mata rabun, pendengaran kurang, penyakit jantung, dsb. Dengan kata lain, dari luar kita melihat orang tersebut tampak baik-baik saja tetapi sebenarnya dalam keadaan tersebut orang itu memiliki masalah kesehatan dan bukan termasuk kategori sakit yang harus dirawat di rumah sakit.

Anda pastinya bisa membayangkan contoh-contoh lain orang dengan kondisi sehat tetapi bermasalah. Tentu saja apabila masalah tersebut tidak diatasi ataupun ditindak lanjuti di kemudian hari masalah tersebut akan menguat sehingga tubuh kita menjadi sakit.

Lalu Apa Penyebab Kematian Tertinggi Di Dunia?

 

Kemenkes Republik indonesia melansir bahwa 1 dari 3 orang menderita penyakit ini, yaitu :

  • Jantung Koroner
  • Stroke
  • Penyakit Paru Obstruksi Kronis (PPOK)
  • Kanker
  • DIabetes Melitus

(sumber :http://www.depkes.go.id/article/view/17073100005/penyakit-jantung-penyebab-kematian-tertinggi-kemenkes-ingatkan-cerdik-.html)

Disadari ataupun tidak, kini semakin banyak orang yang mengidap penyakit diatas. Di dunia penyakit jantung menduduki peringkat pertama yang diderita orang, sedangkan di Indonesia penyakit stroke lah yang menempati posisi pertama terbanyak. Bisa kita lihat pada chart dibawah ini :

 

dengan demikian bisa kita sadar mulai sekarang bahwa sebenarnya sebagian besar dari kita adalah termasuk kategori sehat tetapi mempunyai masalah. Tentu patut kita waspadai, bahwa setiap orang tidak sama masalah yang di alaminya, namun mempunyai kesamaan bahwa bila tidak atasi masalah tersebut akan membuat dampak buruk bagi tubuh kita. Banyak hal yang bisa kita lakukan agar masalah tersebut tidak semakin buruk dan berdampak misalnya pola hidup sehat, istirahat yang cukup dan berolahraga.

Pada bahasan selanjutnya akan kita sama-sama menambah wawasan dalam hal tersebut.